Difasilitasi DPRD Konawe, Selangkah Lagi RSU Setia Bunda Kembali Bermitra Dengan BPJS Kesehatan

KONAWE, RUBRIKSATU.COM – Komitmen tinggi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terus terlihat dalam upaya mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dalam hal ini, DPRD Konawe memperjuangkan aspirasi dari empat kecamatan (Onembute, Puriala, Wonggeduku, Meluhu) yang menginginkan BPJS Kesehatan Cabang Kendari kembali menjalin kerja sama dengan RSU Setia Bunda Konawe.

Setelah melakukan kunjungan ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari pada bulan Februari 2023, DPRD Konawe kini menerima kunjungan balasan dari BPJS Kesehatan Cabang Kendari pada Senin, 3 April 2023.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Rinaldi Wibisono, bersama dengan staf dan Kepala BPJS Kesehatan Konawe, Muhammad Ayyub, tiba di Kantor DPRD Konawe. Mereka diterima oleh Rusdianto, SE, MM, Wakil Ketua II DPRD Konawe, di ruang kerjanya.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Rusdianto, Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Setia Bunda, dr. Adi Setiawan, Sp.OG, juga turut hadir bersama istri. Anggota DPRD Konawe, H. Alaudin, SH, MM, juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Dalam rapat tersebut, pihak BPJS Kesehatan dan RSU Setia Bunda membahas rencana kerja sama di masa mendatang. Sebelumnya, kedua pihak ini pernah menjalin kerja sama sebelumnya.

Rinaldi Wibisono, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, menjelaskan bahwa fokus utama BPJS Kesehatan adalah meningkatkan mutu pelayanan. Selain itu, manajemen perlu membenahi fasilitas pendukung dan ketersediaan dokter.

“Kami juga menyoroti keseriusan manajemen RSU Setia Bunda dalam menyelesaikan masalah yang diidentifikasi oleh BPJS Kesehatan. Jika masalah ini diselesaikan dan semua keluhan peserta diselesaikan dengan baik, maka kerja sama bisa direvitalisasi,” tegas Rinaldi Wibisono.

Rapat tersebut menyimpulkan bahwa kerja sama antara BPJS Kesehatan dan RSU Setia Bunda dapat berjalan kembali. Namun, pihak RSU Setia Bunda diharapkan menunjukkan komitmen tinggi dalam menyelesaikan permasalahan yang pernah timbul.

“Kesimpulannya, BPJS Kesehatan akan melanjutkan kerja sama dengan RSU Setia Bunda setelah masalah biaya IUR yang menjadi temuan BPJS Kesehatan diselesaikan,” kata Rusdianto sebelum mengakhiri pertemuan.

Mendengar hasil rapat, Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Setia Bunda, dr. Adi Setiawan, Sp.OG, menyatakan komitmennya untuk segera menemui pasien yang bersangkutan dan menyelesaikan masalah tersebut.

Dari kiri, Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, Owner RSU Setia Bunda Unaaha dr Adi Setiawan, dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Rinaldi saat berkunjung di RSU Setia Bunda Unaaha.

“Kami akan segera mengambil tindakan untuk menindaklanjuti dengan pasien yang terkena dampak. Kami berharap BPJS Kesehatan dapat membimbing kami untuk memecahkan masalah ini dengan baik, sehingga kerja sama kami dapat dipulihkan,” kata dr. Adi, Direktur RSU Setia Bunda.

Setelah rapat, rombongan dari BPJS Kesehatan Cabang Kendari dan Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto, melakukan tinjauan langsung terhadap fasilitas di RSU Setia Bunda.

Sebelumnya, pada 15 Februari 2023, Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto, SE, MM, bersama Ketua Komisi III H. Abdul Ginal Sambari, S.Sos, M.Si, mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari. Pertemuan tersebut membahas aspirasi masyarakat Konawe.

Di kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Wakil Ketua dan Ketua Komisi III DPRD Konawe diterima oleh Ridwansyah Kabid SDM UKP BPJS Kesehatan Cabang Kendari, serta Kepala BPJS Kesehatan Konawe, Muhammad Ayyub, dan staf lainnya.

Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto, pada kesempatan tersebut, menyampaikan harapannya agar BPJS Kesehatan dapat mempertimbangkan untuk menjalin kembali kerja sama dengan RSU Setia Bunda.

“Kami berharap BPJS Kesehatan dapat mempertimbangkan kembali kerja sama dengan RSU Setia Bunda. Kami hadir untuk memfasilitasi aspirasi masyarakat,” ungkap Rusdianto.

Meskipun pihak DPRD Konawe tidak memiliki kewenangan dalam urusan RSU Setia Bunda dan BPJS Kesehatan, Rusdianto dan Ketua Komisi III merasa berkewajiban untuk membantu memfasilitasi aspirasi tersebut sebagai Wakil Rakyat.

“Kami hadir di sini semata-mata untuk kepentingan masyarakat,” tegas Rusdianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *