Serangan Israel Mengguncang Pangkalan Udara Rusia di Iran

Advertisements

Latakia, rubriksatu.com– Israel melancarkan serangan udara ke Pangkalan Udara Hmeimim milik Rusia di provinsi Latakia pada pukul 03.55 waktu setempat, hanya satu jam setelah pesawat Iran milik Qeshm Airlines tiba di lokasi. Serangan yang berlangsung hingga pukul 04.41 ini tidak menargetkan landasan pacu atau menara kontrol baik di Pangkalan Udara Hmeimim maupun bandara sipil Latakia.

Menurut laporan, Israel mengarahkan serangan ke sejumlah situs militer strategis di provinsi Latakia, termasuk gudang yang berada di dalam Pangkalan Udara Hmeimim. Sebanyak 30 rudal diluncurkan dari kapal angkatan laut Israel selama serangan tersebut.

Setelah serangan usai, patroli udara Rusia langsung dikerahkan di atas wilayah Latakia untuk mengamankan area dari kemungkinan ancaman lebih lanjut. Namun, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pihak Rusia maupun Iran terkait insiden ini.

Tindakan ini menambah ketegangan di kawasan Timur Tengah, di mana Latakia merupakan pusat penting bagi operasi militer Rusia di Suriah, serta titik penting bagi hubungan Iran-Suriah.

Pemerintah Israel belum memberikan pernyataan resmi mengenai serangan ini, yang diyakini sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengekang pengaruh Iran di wilayah tersebut.

Laporan redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *