PJ Bupati Konawe Tekankan Kewenangan dan Prioritas Utama dalam Pemerintahan

Advertisements

KONAWE, rubriksatu.com – Penjabat (PJ) Bupati Konawe, Stanley, menegaskan bahwa kewenangan yang diberikan dalam penugasannya sebagai PJ Bupati memiliki kesamaan dengan bupati definitif. Namun, ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa batasan yang perlu dipahami, khususnya terkait proses mutasi pejabat dan pegawai.

Stanley menjelaskan bahwa Surat Keputusan (SK) penugasan mengatur beberapa larangan, di antaranya adalah pengisian jabatan dan mutasi pegawai tanpa persetujuan. “Ada ketentuan yang melarang pengisian pejabat dan mutasi pegawai. Meski begitu, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan melalui prosedur yang ditetapkan, seperti mengajukan persetujuan kepada gubernur atau Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui gubernur,” ujarnya.

Proses persetujuan ini, lanjut Stanley, mencakup pendeteksian oleh Mendagri dan gubernur, serta pertimbangan teknis terkait mutasi dan rotasi jabatan. Ia juga menegaskan pentingnya pengisian jabatan yang kosong, terutama yang bersifat strategis.

“Kalau melihat progres dari pejabat sebelumnya, sudah cukup baik. Inilah yang harus kita tingkatkan lagi, terutama dalam sepuluh program prioritas kami, seperti pengurangan angka stunting, menekan inflasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Stanley.

Selain fokus pada program-program tersebut, PJ Bupati Konawe juga menyoroti beberapa hal penting lainnya, salah satunya adalah persiapan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Ia menekankan pentingnya pemerintah untuk mengawal pelaksanaan Pilkada sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait, seperti KPU dan Bawaslu, untuk memastikan Pilkada berjalan lancar. Saya juga sudah menyampaikan kepada seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe agar menjaga netralitas. Sebagai ASN, meskipun memiliki hak pilih, kita harus tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis,” tegas Stanley.

Penegasan ini diharapkan dapat menjaga kepercayaan masyarakat serta menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan Pilkada mendatang.

Laporan Redaksi

redaksi

Recent Posts

Bupati Koltim Serahkan Raperda APBD-Perubahan 2024, Fokus Tingkatkan Infrastruktur dan Pelayanan Publik

KOLTIM, rubriksatu.com – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis SH MH, secara resmi menyerahkan Rancangan…

18 jam ago

Trinop Tijasari Pulang Kampung, Ajak Warga Menangkan Rusdianto-Fachry di Pilkada Konawe

KONAWE, rubriksatu.com – Tokoh perempuan asal Konawe, Trinop Tijasari, pulang kampung untuk mendukung penuh pasangan…

23 jam ago

Pasangan RD-FPK Siapkan Uepai Jadi Bagian dari Kota Unaaha

KONAWE, rubriksatu.com – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Rusdianto dan Fachry Pahlevi Konggoasa…

24 jam ago

Berita Pilkada Konawe 2024: Tiga Calon Siap Bertarung, RD-FPK Jadi Sorotan

Konawe, rubriksatu.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe 2024 semakin mendekat dengan kehadiran tiga pasangan…

1 hari ago

RD-FPK Bentuk Tim Pemenangan di 15 Kecamatan Konawe

KONAWE, rubriksatu.com – Dalam dua pekan terakhir, dari tanggal 5 hingga 17 September 2024, pasangan…

2 hari ago

Berita Terbaru: Bupati Abd Azis Hadiri Pelantikan Pengurus IDI Cabang Koltim

KOLAKA TIMUR, rubriksatu.com – Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH, MH, menghadiri pelantikan pengurus dan…

2 hari ago