Categories: DaerahPolitik

Hadiri Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Ketua Bawaslu Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Advertisements

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023, di Unaaha.

Kegiatan bertema “Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Masyarakat untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menjelang Pemilu Serentak 2024” ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran persatuan dan kesatuan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Legislatif dan Pilpres tahun 2024.

Kegiatan ini melibatkan tiga narasumber yang kompeten dalam bidangnya, yakni Abuldan, A.Md (Ketua Bawaslu Konawe), AKP Hartono (Kasat Intelkam Polres Konawe), dan Dr. Rola Pola Anto S.Pd, M.Si (Akademisi/Dosen Unilaki). Hadir pula Mudarman S.Sos, M.Si (Sekretaris Kesbangpol Konawe) bersama staf dari Badan Kesbangpol Konawe.

Sosialisasi ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Lurah dan Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan sebagai peserta.

Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan, dalam kesempatan tersebut, menekankan pentingnya netralitas seluruh aparatur selama tahapan penyelenggaraan pemilu. Ia juga mengingatkan peserta untuk menjaga toleransi antar umat beragama, suku bangsa, dan tidak terpolarisasi oleh oknum yang bertujuan memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa.

Abuldan menekankan bahwa dengan sinergi dari seluruh elemen masyarakat, khususnya stakeholder pemilu, pemilu serentak 2024 dapat berjalan aman dan damai. Ia menyatakan, “Dengan terus bersinergi, kami yakin pesta demokrasi (Pileg – Pilpres) akan terlaksana sesuai harapan bersama.”

Untuk suksesnya pemilu serentak 2024, Abuldan berharap partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban untuk menciptakan pemilu yang damai. Ia juga menegaskan bahwa pencegahan dan pengawasan tindak pelanggaran pemilu saat ini merupakan prioritas utama.

“Bawaslu Konawe sigap mendeteksi dini pelanggaran pemilu dan mengajak seluruh pihak, termasuk ASN, kepala Desa, dan aparat desa, TNI/Polri, untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat merusak nilai-nilai demokrasi kita,” tambahnya. CR2

redaksi

Recent Posts

Calon Bupati Konawe, Rusdianto, SE, MM, Hadiri Diksar XI Tamalaki Wonua Konawe

Konawe, Rubriksatu.com – Calon Bupati Konawe, Rusdianto, SE, MM, menghadiri kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) XI Tamalaki…

1 jam ago

Operasi Zebra Anoa 2024 di Konawe Utara: Polres Intensifkan Razia Kendaraan

KONAWE, rubriksatu.com – Operasi Zebra tahun 2024 secara serentak telah dimulai di seluruh Indonesia sejak…

2 jam ago

Operasi Mantap Praja Anoa 2024 : Tingkatkan Pengamanan Pilkada

KONAWE, rubriksatu.com – Operasi Mantap Praja Anoa 2024 dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)…

10 jam ago

Calon Bupati Konawe Rusdianto Hadiri Upacara Piodalan di Desa Tawamelewe

KONAWE, Rubriksatu.com – Calon Bupati Konawe nomor urut 2, Rusdianto, SE, MM, menghadiri upacara Piodalan…

1 hari ago

SMPN 2 Unaaha Apresiasi Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Kepala Sekolah SMPN 2 Unaaha, Kabupaten Konawe Hasrudin, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi…

2 hari ago

Menghidupkan Seni dan Budaya Melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Suasana seni dan budaya akan segera menyelimuti Kabupaten Konawe. Dinas Pendidikan dan…

2 hari ago