Categories: HukrimNasional

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Yaman, Targetkan Milisi Houthi

Advertisements

Jakarta, rubriksatu.com Militer Israel (IDF) meluncurkan serangan udara ke Yaman dengan dalih membalas serangan roket yang dilancarkan oleh milisi Houthi dalam dua hari terakhir. Dalam pernyataannya, IDF menyatakan bahwa lusinan pesawat tempur, termasuk jet tempur, menghantam target infrastruktur strategis, seperti pembangkit listrik dan pelabuhan di Ras Issa dan Hodeidah. Minggu (29/9)

Serangan ini menambah ketegangan antara Israel dengan kelompok milisi yang didukung Iran, yang telah meningkatkan tekanan terhadap negara Yahudi tersebut di berbagai front, termasuk Gaza, Lebanon, dan kini Yaman.

“Selama setahun terakhir, Houthi telah beroperasi di bawah arahan dan pendanaan Iran, serta bekerja sama dengan milisi di Irak untuk menyerang Negara Israel, mengganggu stabilitas kawasan, dan mengancam kebebasan navigasi global,” demikian pernyataan resmi IDF.

Serangan udara ini menyebabkan sebagian besar Kota Hodeidah gelap gulita, menurut laporan dari Reuters. Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa setidaknya empat orang tewas dan 29 lainnya luka-luka akibat serangan tersebut.

Israel Serang Lebanon, Targetkan Hizbullah

Selain serangan ke Yaman, Israel juga terus menggempur wilayah Lebanon, terutama daerah yang menjadi basis milisi Hizbullah. Menurut Kementerian Kesehatan Lebanon, setidaknya 32 korban tewas tercatat di Ain Deleb, dan 21 lainnya di Baalbek-Hermel dalam serangan terbaru pada Minggu lalu. Serangan tersebut merupakan bagian dari upaya Israel untuk menekan Hizbullah setelah pemimpin milisi tersebut, Hasan Nasrallah, dilaporkan tewas.

Kepala Staf Militer Israel, Herzi Halevi, menegaskan bahwa operasi terhadap Hizbullah akan terus berlanjut untuk melemahkan kelompok tersebut. “Mereka sudah kehilangan akal, dan kita harus terus memukul keras Hizbullah,” ujarnya.

Drone-drone Israel dikabarkan melintas di langit Beirut sepanjang hari Minggu, disusul ledakan-ledakan besar yang menggema di beberapa wilayah ibu kota Lebanon itu. Dalam dua pekan terakhir, lebih dari 1.000 warga Lebanon tewas dan 6.000 lainnya luka-luka akibat serangan Israel.

Pengungsi Lebanon Mengungkap Ketabahan

Sementara itu, jutaan warga Lebanon telah mengungsi, termasuk mereka yang berkumpul di Teluk Zaitunay. Banyak dari mereka hanya membawa barang-barang penting, termasuk pakaian dan kebutuhan dasar.

Francoise Azori, salah satu warga Beirut yang terdampak, menegaskan bahwa semangat mereka tak akan pernah dipatahkan oleh serangan Israel. “Anda tak akan bisa menghancurkan kami, apapun yang Anda lakukan, kami akan tetap tinggal di sini. Ini adalah negara kami, dan kami akan tetap bertahan,” ungkapnya.

Serangan yang terus berlangsung di berbagai negara menandai semakin intensnya konfrontasi antara Israel dengan kelompok-kelompok milisi yang didukung Iran di Timur Tengah.

redaksi

Recent Posts

Calon Bupati Konawe Rusdianto Hadiri Upacara Piodalan di Desa Tawamelewe

KONAWE, Rubriksatu.com – Calon Bupati Konawe nomor urut 2, Rusdianto, SE, MM, menghadiri upacara Piodalan…

11 jam ago

SMPN 2 Unaaha Apresiasi Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Kepala Sekolah SMPN 2 Unaaha, Kabupaten Konawe Hasrudin, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi…

17 jam ago

Menghidupkan Seni dan Budaya Melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Suasana seni dan budaya akan segera menyelimuti Kabupaten Konawe. Dinas Pendidikan dan…

1 hari ago

Mobil Terjun ke Lubang Galian di Kelurahan Watu-Watu, Kendari: Laporan Warga Net Hebohkan Media Sosial

Kendari, Rubriksatu.com -17 Oktober 2024– Sebuah insiden mengejutkan terjadi di Kelurahan Watu-Watu, Kota Kendari, di…

2 hari ago

Penemuan Bayi Dalam Tas Ransel Hebohkan Warga Bandung Barat

JAKARTA, Rubriksatu.com – Warga di Lapangan Pasir Honje, Lagadari, Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat,…

2 hari ago

Puskesmas Tonggauna dan Rutan Unaaha Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin bagi Warga Binaan

Unaaha, Rubriksatu.com – Dalam rangka menjaga kesehatan dan kesejahteraan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Puskesmas Tonggauna bekerja…

2 hari ago