Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Program Perikanan dan Peternakan

Advertisements

KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Pereoa, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, terus berinovasi dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan bagi warganya.

Melalui pemanfaatan Dana Desa tahun anggaran 2024, Pemdes Pereoa menjalankan program perikanan darat dan peternakan yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Pereoa, Sultan, menjelaskan bahwa pada tahap pertama, Pemdes telah meluncurkan program perikanan darat dengan menyediakan bibit ikan beserta wadahnya. Program ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 40 juta dan memberikan manfaat langsung kepada 22 warga yang terpilih sebagai penerima bantuan.

Dengan adanya bantuan ini, warga dapat memulai usaha budidaya ikan, yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan serta memenuhi kebutuhan protein keluarga.

Advertisements

Selanjutnya, pada tahap kedua, Pemdes Pereoa akan melaksanakan program pengadaan bibit ayam dengan anggaran sekitar Rp 96 juta. Program ini akan diberikan kepada 8 warga penerima manfaat yang telah diseleksi sebelumnya.

Tentunya, dengan bantuan bibit ayam ini, warga dapat memulai usaha peternakan skala kecil yang berpotensi meningkatkan pendapatan mereka serta mendukung ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

“Kami sangat fokus pada upaya meningkatkan ketahanan pangan di desa ini. Melalui program perikanan dan peternakan, kami berharap warga dapat mengembangkan usaha produktif yang berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang,” ujar Sultan.

Program-program ini menunjukkan komitmen Pemdes Pereoa dalam memanfaatkan Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam sektor ketahanan pangan. Dengan adanya dukungan dan partisipasi aktif dari warga, Pemdes optimis bahwa program ini akan berhasil dan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas hidup di Desa Pereoa.

Laporan Redaksi

redaksi

Recent Posts

Operasi Mantap Praja Anoa 2024 : Tingkatkan Pengamanan Pilkada

KONAWE, rubriksatu.com – Operasi Mantap Praja Anoa 2024 dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)…

3 jam ago

Calon Bupati Konawe Rusdianto Hadiri Upacara Piodalan di Desa Tawamelewe

KONAWE, Rubriksatu.com – Calon Bupati Konawe nomor urut 2, Rusdianto, SE, MM, menghadiri upacara Piodalan…

1 hari ago

SMPN 2 Unaaha Apresiasi Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Kepala Sekolah SMPN 2 Unaaha, Kabupaten Konawe Hasrudin, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi…

1 hari ago

Menghidupkan Seni dan Budaya Melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Suasana seni dan budaya akan segera menyelimuti Kabupaten Konawe. Dinas Pendidikan dan…

2 hari ago

Mobil Terjun ke Lubang Galian di Kelurahan Watu-Watu, Kendari: Laporan Warga Net Hebohkan Media Sosial

Kendari, Rubriksatu.com -17 Oktober 2024– Sebuah insiden mengejutkan terjadi di Kelurahan Watu-Watu, Kota Kendari, di…

2 hari ago

Penemuan Bayi Dalam Tas Ransel Hebohkan Warga Bandung Barat

JAKARTA, Rubriksatu.com – Warga di Lapangan Pasir Honje, Lagadari, Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat,…

3 hari ago