Categories: DaerahHeadlinePolitik

Elektabilitas Rusdianto-Fachry Makin Melejit, Ungguli Rival dalam Survei Pilkada Konawe

Advertisements

KONAWE, rubriksatu.com – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Rusdianto dan Fachry Pahlevi Konggoasa, semakin menunjukkan dominasinya dalam peta politik Konawe.

Survei terbaru yang dirilis oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Juli-Agustus 2024 memperlihatkan bahwa elektabilitas pasangan ini berada di posisi teratas, mengalahkan rival-rivalnya.

Dalam simulasi empat pasangan calon (paslon), pertanyaan yang diajukan kepada responden adalah: “Seandainya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe dilaksanakan sekarang, siapa yang akan Anda pilih?” Hasilnya menunjukkan bahwa Fachry, ketika dipasangkan dengan Wahyu Ade Pratama, meraih elektabilitas tertinggi dengan 29,6 persen.

Pasangan Harmin Ramba-Dessy Indah Rachmat (HADIR) berada di posisi kedua dengan 29,4 persen, diikuti oleh Yusran Akbar-Syamsul Ibrahim (YA-SYAM) dengan 17,8 persen, dan Nurnining-Irawan Laliasa dengan 4,7 persen.

Dalam simulasi tiga pasangan calon, Fachry kembali unggul dengan elektabilitas 31,5 persen ketika dipasangkan dengan Nurnining. Pasangan HADIR memperoleh 29,7 persen, sementara YA-SYAM mendapatkan 19,9 persen.

Survei SMRC ini belum mencantumkan pasangan Rusdianto-Fachry, yang baru saja mendeklarasikan diri. Namun, hasil survei menunjukkan bahwa pesona Fachry sebagai calon wakil bupati sangat kuat, bahkan berpotensi mengalahkan pasangan calon lainnya.

Survei ini juga menyoroti elektabilitas calon bupati secara personal. Empat nama yang mendominasi adalah Harmin Ramba, Rusdianto, Fachry Pahlevi Konggoasa, dan Yusran Akbar. Pada simulasi terbuka atau top of mind, Harmin Ramba unggul dengan 16,3 persen, diikuti oleh Rusdianto dengan 12,1 persen, dan Fachry serta Yusran masing-masing dengan 7,6 persen.

Dalam simulasi semi terbuka, Harmin Ramba kembali memimpin dengan 21,1 persen, diikuti oleh Rusdianto dengan 20,2 persen, Fachry dengan 14,2 persen, dan Yusran dengan 10,1 persen. Syamsul dan Dessy masing-masing mendapatkan 2,3 persen dan 1,2 persen.

Dengan hasil tersebut, pasangan Rusdianto-Fachry tampak semakin dominan dibandingkan pasangan lain seperti HADIR dan YA-SYAM. Fachry menyatakan keyakinannya bahwa duet mereka akan menjadi pilihan utama masyarakat Konawe pada Pilkada 27 November mendatang.

“Duet Rusdianto-Fachry adalah duet yang menyatukan masyarakat dan tokoh-tokoh besar Konawe. Kami yakin masyarakat Konawe akan memenangkan pasangan Rusdianto-Fachry pada Pilkada mendatang,” ujar Fachry dalam orasinya saat penjemputan pasangan Rusdianto-Fachry pada Kamis, 8 Agustus 2024 lalu.

Laporan Redaksi

redaksi

Recent Posts

Calon Bupati Konawe Rusdianto Hadiri Upacara Piodalan di Desa Tawamelewe

KONAWE, Rubriksatu.com – Calon Bupati Konawe nomor urut 2, Rusdianto, SE, MM, menghadiri upacara Piodalan…

21 jam ago

SMPN 2 Unaaha Apresiasi Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Kepala Sekolah SMPN 2 Unaaha, Kabupaten Konawe Hasrudin, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi…

1 hari ago

Menghidupkan Seni dan Budaya Melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah

KONAWE, rubriksatu.com – Suasana seni dan budaya akan segera menyelimuti Kabupaten Konawe. Dinas Pendidikan dan…

1 hari ago

Mobil Terjun ke Lubang Galian di Kelurahan Watu-Watu, Kendari: Laporan Warga Net Hebohkan Media Sosial

Kendari, Rubriksatu.com -17 Oktober 2024– Sebuah insiden mengejutkan terjadi di Kelurahan Watu-Watu, Kota Kendari, di…

2 hari ago

Penemuan Bayi Dalam Tas Ransel Hebohkan Warga Bandung Barat

JAKARTA, Rubriksatu.com – Warga di Lapangan Pasir Honje, Lagadari, Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat,…

3 hari ago

Puskesmas Tonggauna dan Rutan Unaaha Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin bagi Warga Binaan

Unaaha, Rubriksatu.com – Dalam rangka menjaga kesehatan dan kesejahteraan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Puskesmas Tonggauna bekerja…

3 hari ago