Rusdianto Serahkan Bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani Desa Linonggasai

Advertisements

KONAWE, rubriksatu.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Rusdianto, SE, MM, menyerahkan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian berupa traktor mini kepada kelompok tani di Desa Linonggasai, Kecamatan Wonggeduku Barat, pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap agar bantuan yang bersumber dari Dana Desa tahun 2024 tersebut dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kelompok tani penerima.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan mampu meningkatkan produktivitas pertanian di Linonggasai,” ujar Rusdianto, yang juga dikenal sebagai bakal calon Bupati Konawe.

Advertisements

Selain menyerahkan bantuan, RD, sapaan akrab Rusdianto, memberikan apresiasi tinggi kepada Kepala Desa Linonggasai, L Tuduan, atas kesuksesannya dalam membangun desa. Menurutnya, transparansi dalam mengelola anggaran Dana Desa telah memungkinkan Desa Linonggasai untuk mencapai berbagai kemajuan, berkat partisipasi aktif dari masyarakat.

“Meskipun Desa Linonggasai dihuni oleh masyarakat multi etnis, mereka bisa hidup rukun dan damai. Ini menunjukkan bahwa kepemimpinan di desa ini berjalan dengan adil,” jelas RD.

Rusdianto juga berharap bahwa Desa Linonggasai dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam pengelolaan anggaran Dana Desa, di mana setiap keputusan penting dibuat berdasarkan hasil musyawarah desa (Musdes) yang melibatkan seluruh perangkat desa.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Linonggasai, L Tuduan, menjelaskan bahwa untuk anggaran Dana Desa tahun 2024, pihaknya telah mengalokasikan sebesar Rp145 juta khusus untuk Program Ketahanan Pangan Desa. Alokasi ini mencakup 20 persen dari total pagu anggaran Dana Desa.

“Kami telah mengadakan 22 unit mesin pemotong rumput, dua unit tangki cas, dan tujuh unit handtraktor mini sebagai bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan di desa kami,” ungkap L Tuduan.

Bantuan ini, menurutnya, bertujuan untuk memudahkan para petani dalam meningkatkan produksi pertanian, yang diharapkan dapat menambah nilai ekonomi dan kesejahteraan mereka.

Diketahui, selain memiliki lahan pertanian yang luas untuk tanaman padi dan hortikultura, Desa Linonggasai juga dikenal dengan budidaya ikan air tawarnya yang berkembang pesat.

Di bawah kepemimpinan L Tuduan, desa ini telah meraih berbagai prestasi, termasuk menjadi juara pertama dalam lomba desa tingkat Kabupaten Konawe dan Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2022. Prestasi-prestasi ini tentunya tak lepas dari manajemen pemerintahan yang diterapkan oleh Kades L Tuduan.

Laporan: Redaksi

redaksi

Recent Posts

RD-FPK Bentuk Tim Pemenangan di 15 Kecamatan Konawe

KONAWE, rubriksatu.com – Dalam dua pekan terakhir, dari tanggal 5 hingga 17 September 2024, pasangan…

12 jam ago

Berita Terbaru: Bupati Abd Azis Hadiri Pelantikan Pengurus IDI Cabang Koltim

KOLAKA TIMUR, rubriksatu.com – Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH, MH, menghadiri pelantikan pengurus dan…

12 jam ago

Dukungan Solid untuk Paslon RD-FPK dalam Pilkada Konawe 2024

KONAWE, rubriksatu.com– Para pendukung militan pasangan calon (paslon) Rusdianto-Fachry Pahlevi Konggoasa (RD-FPK) menunjukkan sinyal kuat…

12 jam ago

Kader PDIP, Trinop Tijasari Ajak Masyarakat Konawe Menangkan RD-FPK di Pilkada

KONAWE, rubriksaru.com- Salah satu kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Trinop Tijasari, secara tegas mengajak…

16 jam ago

Masyarakat Besulutu Dukung Pasangan RD-FPK dalam Pemilu 2024

KONAWE, rubriksatu.com – Masyarakat Kecamatan Besulutu tidak ingin ketinggalan dalam memberikan dukungan kepada pasangan bakal…

1 hari ago

PAUD Cahaya Mandiri Desa Tombawatu: Wujud Kepedulian Terhadap Pendidikan Usia Dini

KONAWE, rubriksatu.com – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cahaya Mandiri di Desa Tombawatu, Kecamatan Kapoiala,…

1 hari ago